1/14/08

FìLosofi gagal

Kegagalan bukan berarti sebuah langkah mundur, hanya sekedar berjalan di tempat, karena setiap kegagalan pasti menyisakan satu kesempatan!!!

Begitulah para filosof memaknai suatu kegagalan. Kita pun mungkin pernah merasakan apa yang dinamakan kegagalan, baik gagal dalam cinta, gagal dalam pendidikan atau pun gagal dalam mendapatkan pekerjaan yang kita idam-idamkan. Memang sebuah kegagalan adalah sesuatu yang sangat di benci, baik oleh pedagang, petani, nelayan, pekerja kantoran hingga para eksekutif dan elit politik pun pasti bergidik begitu mendengar kata 'gagal'. Tidak terkecuali saya yang haya seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta.. Namun bagi kita yang sudah pernah mengalaminya janganlah merasa putus asa dan pesimis untuk tetap berkarya, untuk tetap bangkit dan selalu berusaha dan berdoa untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Mungkin kisah perjalanan teman saya berikut ini bisa dijadikan sebagai motivator bagi kita untuk tetap optimis dan berfikir positif dalam memaknai sebuah kegagalan...

RAMSAH HASANUDIN, salah satu karyawan yang bekerja di perusahan tempat saya bekerja lima tahun silam. Lima tahun yang lalu saya dan dia sama-sama di terima disebuah perusahaan manufaktur, sebuah pabrik baja yang terletak dikawasan Lampung. Kami bekerja di satu divisi yang sama. Dia dan saya diterima sebagai karyawan kontrak selama 6 bulan dan diperpanjang hingga satu tahun.. Setelah kontrak kedua, dia tidak diperpanjang lagi dan saya alhamdulilah diberi kesempatan bekerja hingga saat ini..

Setelah menerima gaji terakhirnya ia mengemasi seluruh barangnya. Kamipun saling berjabat tangan dan mengucapkan salam perpisahan. Sungguh kejadian yang mengharukan hingga tak kuasa menahan air mata untuk menitik..

Kami berpisah...
Ia pulang ke kampung halamanya dan kembali menjadi pengangguran. Ia tak lagi menerima uang setiap bulan seperti saat ia masih bekerja. Enam bulan ia lalui keadaan ini, tanpa pekerjaan, tanpa penghasilan, dan tanpa kepastian kapan semua ini berakhir.

Namun agaknya ALLAH swt. berkehendak lain. Pemerintah daerah propinsi Lampung membuka seleksi CPNSD. Ia tidak menyia-siakan kesempatan ini. Ia segera mengurus berkas pendaftaran, lalu mencari bahan dan soal-soal latihan test cpns sambil menunggu pengumuman hasil seleksi berkas.Seminggu kemudian ia mengikuti test CPNSD Setelah mendapat nomor urut. Satu bulan kemudian pengumuman hasil seleksi terbit, dan dia resmi diterima sebagai PNS...

salam kreativ

13 comments:

OmAmier.blogspot.com said...

Askum..
Masmawan,hari ini aku baca lagi artikel mas dan seperti kemarin aku tertarik membacanya,pesan moral yang aku dapat sangat bagus sekali,ternyata kita tidak perlu menyesali kegagalan,sebab kesempatan lain masih luas dan kita bisa mencobanya disitu,
terus berkreasi masmawan...

Anonymous said...

Ass, mas kegagalan bukanlah akhir segalanya....jangan takut gagal...oke Wassalam...Fira.

Anonymous said...

Boleh juga isi blog Masmawan, oya, maaf saya menjawab pertanyaa kemarin menggunakan kota komentar ini
"kita dapat dollar kalau orang mnegklik iklan WitgetBuck, atau mendaftar melalui refferal kita

SAWALI TUHUSETYA said...

sepakat banget masmawan. ada yang bilang gagal itu sukses yang tertunda. chairil anwar pun bilang jangan sampai "sekali berarti sesudah itu mati!* nyambung nggak, yak? *halah*
BTW, kalo boleh tahu, masmawan selama ini tinggal di mana?

Kang Mawan said...
This comment has been removed by the author.
Kang Mawan said...

@OMAMIER..
Makasih om dah mampir ke gubuq saya lagi. menariknya dimana om? hehe saya belajar nulisnya dari beliau pak sawali.

@mbak fira..
Betul mbak segala sesuatu itu perlu dicoba. Gagal atau berhasil kita kembalikan kepada sang pencipta

@Mas haryanto..
o gitu ya mas,kirain asal kita masang iklanya widgetbuck langsung dapet duit..makasih atas penjelasanya mas.
@Pak Sawali..
Yup akur banget, sekarang ini banyak yang orang yang gak sabar saat di timpa kegagalan dan cenderung menyalahkan sang khalik..
waduh makasih banget nih pak sawali dah menyempatkan diri rawuh lagi. harusnya kan yang muda yang sowan...

salam kreativ untuk semua...

Kang Mawan said...
This comment has been removed by the author.
Kang Mawan said...

@pak sawali..
maaf pak ada yang ketinggalan, saya tinggal di Lampung pak, tepatnya di bakauheni.. Bapak sendiri tinggal dimana pak?

Kang Mawan said...

@pak sawali..
maaf pak ada yang ketinggalan, saya tinggal di Lampung pak, tepatnya di bakauheni.. Bapak sendiri tinggal dimana pak?

Herru Suwandi said...

kalau satu pintu tertutup, ada pintu lain yang terbuka, betul kan mas???

Kang Mawan said...

Betul sekali mas heru, masih banyak pintu yang bisa kita masuki. atau juga kita bisa membuat pintu sendiri mas*hayah*..

ok makasih mas heru atas kunjunganya, insya ALLAH saya nanti berkunjung lagi je ke rumah mas. salam kreativ selalu

Anonymous said...

hehe nama saya di tulis toh. thanks and semangat selalu. ramsah mantan Employer of SEAPI

Ramsah Hasanuddin - Portal Informasi Berita said...

Trims. Salam untuk semua. Jgn lupa mampir di gubuk kotaknews.com